Arti Nama Retno

Di luar negeri, nama Retno itu asing banget. Bahkan dulu rekan kerja gw yang orang India suka manggil gw "Ratno". Atau ketika gw memperkenalkan diri ke orang bule, dia agak ragu dan nanya balik, "is that your real name?" :))

Lalu gw harus menjelaskan bahwa nama Retno di Indonesia itu nge-hits banget. Asalnya dari Jawa, diambil dari bahasa sansekerta. Bahkan pertanyaan "apa sih arti nama Retno?" sudah umum ditanyakan sejak gw masih di MI (Madrasah Ibtidaiyah, setingkat SD).

Guru dan teman-teman suka nanya gitu dan gw bingung harus jawab apa. Praktisnya, kata orang tua gw arti nama Retno Dwi Ningsih itu "anak kedua yang lahir di pagi hari dengan penuh kasih." tapi gw gak yakin. Hhaha.... *plakk

Setelah gw jadi kekinian dan bisa leluasa eksis di dunia maya, browsing sana-sini, akhirnya gw mendapatkan arti nama Retno Dwi Ningsih seperti berikut:

RETNO = penglihatan.
DWI = kedua.
NINGSIH = kasih sayang.

Terjemah bebasnya (versi gw) mungkin begini:
  • Cenderung terlihat jutek pada pandangan pertama, tapi pada pandangan kedua jadi baik banget.
  • Anak kedua yang selalu melihat sesuatu dengan kasih sayang.
Belakangan ini gw menemukan arti yang berbeda pada nama Retno dari sansekerta. Asal katanya adalah "Ratna" yang berarti permata. Terjemah bebasnya (versi gw lagi) mungkin jadi begini:
  • Permata kedua dari ibu dan bapak yang penuh kasih sayang.
Yak, apapun arti nama gw, tetap ada kasih sayang di dalamnya dari kedua orang tua. Dih, jadi berasa narsis nih posting arti nama gw sendiri. Wkwkwk... tapi banyak, kan, wanita Indonesia yang punya nama Retno atau Ratna?

Nama ID gw di sosial media adalah retnodn. Bisa dipanjangin jadi Retno Dwi Ningsih atau pun nama website gw, retno(dot)net. Jadi gw iseng nyari nama retnoda sampe retnodz di Line. Hasilnya lumayan lengkap. Hhaha... apalagi kalo dicari di google, sudah cukup banyak orang bernama Retno yang ngeksis di internet, bahkan ada beberapa yang namanya sama banget kayak gw; Retno Dwi Ningsih.

2 comments: